Dec 31, 2011

Upgrade HardDisk Macbook

Terkadang kita tidak puas dengan kapasitas hard disk bawaan laptop kita dan berencana untuk menggantinya dengan yang lebih besar. Seperti yang saya lakukan kemarin, karena hard disk bawaan macbook “cuma” 80 GB akhirnya saya putuskan untuk menggantinya dengan hard disk 320 GB. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan hard disk upgrade di macbook :

Merk / Brand
Untuk merk sebenarnya sangat fleksibel. Anda bisa memlih satu diantara beberapa merk yang umum dijumpai di pasaran. Toshiba, Fujitsu, Seagate, Maxtor, Western Digital, atau Hitachi adalah contoh-contoh merk yang saat ini bisa kita pilih. Terus manakah yang terbaik diantaranya? Hampir semuanya mempunyai kualitas yang berimbang, artinya dengan pemakaian wajar seperti browsing, office stuff, photo editing atau pekerjaan ringan yang lain anda hampir tidak bisa membedakan performansi dari merk-merk di atas ( Tentunya dengan spesifikasi yang sama ). Saran dari saya, belilah hard disk yang merknya sesuai dengan hard disk bawaan laptop anda sebelumnya! Saya membeli Hard Disk merk Hitachi SATA 320 GB karena hard disk bawaan macbook saya bermerk Hitachi juga. Ini pertimbangan yang paling mudah dan paling aman ketika anda dipusingkan dengan merk yang bejibun di luar sana.

Kapasitas
Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda. Tentunya semakin besar kapasitas maka anda juga akan semakin dalam merogoh kantong anda. Untuk kapasitas hard disk terbesar yang biasa ditanam di macbook ( Middle 2007 sampai unibody early 2009 ) sampai saat ini adalah 500 GB. Artinya jikalau anda ingin mengupgrade hard disk ke kapasitas 250 atau 320 GB hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Sebenarnya untuk macbook keluaran terakhir anda bisa saja menanam hard disk dengan kapasitas 1 TB atau 2 TB, namun karena berhubung hard disk jenis SATA 2,5 Inch masih jarang yang berukuran sebesar itu maka hal tersebut akan lebih susah untuk direalisasikan.


5400 atau 7200 rpm?
Saya tidak akan mengambil resiko dengan membeli hard disk dengan kecepatan 7200 rpm untuk macbook saya. Pertama karena anda nyaris tidak bisa merasakan perbedaan yang signifikan antara kecepatan sebuah hard disk 5400 rpm dengan hard disk 7200 rpm. Dan yang kedua dengan 7200 rpm artinya hard disk akan berputar lebih cepat. Dengan putaran yang lebih cepat makan tentunya akan memakan daya yang lebih besar, dan dengan daya yang besar maka jelas battery akan cepat terkuras dan macbook akan mendisipasikan panas yang berlebihan. Akibat lebih buruknya, karena komponen logic board macbook tidak didesign untuk menggunakan hard disk 7200 rpm maka anda akan memaksa macbook anda untuk bekerja sedikit di atas batas wajarnya. 5400 rpm adalah pilihan yang bijak dan aman.

Bagaimana dengan data yang berada di hard disk lama?
Anda bisa memindahkan semua data yang ada di hard disk lama dengan cara melakukan copy paste ke hard disk yang baru ( Backup biasa ). Sebelumnya anda harus mengeksternalkan hard disk baru tersebut dengan membeli sebuah enclosure hard disk SATA 2,5 Inch ( Banyak dijual di pasaran ). Atau pilihan kedua anda bisa melakukan cloning. Artinya anda melakukan proses clone dari hard disk lama ke hard disk baru sehingga hard disk baru anda mempunyai data yang persis dengan hard disk lama anda. Bahkan anda langsung bisa melakukan booting system dengan hard disk baru anda tersebut setelah proses cloning selesai. Software yang sering digunakan untuk melakukan cloning hard disk adalah superduper dan carbon copy cloner.

No comments:

Post a Comment